Manfaat Bank bagi Pengelola LM3 Subak Abian Tri Guna Karya

Pengelola Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakt (LM3) Model yang berasal dari 19 Provinsi seluruh Indonesia berkesempatan berkunjung ke LM3 Subak Abian Tri Guna Karya, pada tanggal 12 Mei 2012 yang sekaligus merupakan kawasan Agrowisata Catur Kintamani yang berlokasi di Desa Catur, 12 meter dari Kintamani. Kedatangan 28 pengelola LM3 model tersebut bertujuan untuk melakukan studi banding, sehingga nantinya LM3 Subak Abian Tri Guna Karya dapat dijadikan bahan acuan dalam pengembangan LM3 Model yang mereka emban sampai saat.

Dalam melakuki kegiatan studi banding LM3 Model, yang di prakarsai oleh Ir. Supriyadi, MM, Kepala Bagian Perencanaan, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian tersebut diawali dengan melakukan temu wicara dan diskusi antara peserta studi banding dengan pengelola LM3 Subak Abian Tri Guna Karya dan Kepala Desa Catur, dilanjutkan dengan melihat pengolahan kopi arabika secara basah dilanjutkan dengan melakukan tracking di kebun kopi dan jeruk.

Kepala Desa Catur dalam acara temu wicara tersebut mengungkapkan profil Desa Catur. Menurutnya Desa ini merupakan salah satu daerah yang memiliki tanah yang subur, sehingga tidak dapat dipungkiri lagi bahwa daerah ini merupakan salah satu daerah pertanian dan perkebunan terluas di Bali. Di desa catur, pertanian dan perkebunan selalu diawasi oleh dinas Pertanian, Perkebunan, dan Perhutanan kecamatan Kintamani, sehingga kualitas produk pertanian yang mereka miliki selalu memiliki kualitas yang terjamin dan mampu bersaing dalam dunia perdagangan produk pertanian maupun produk olahan pertanian. Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli merupakan salah satu daerah dingin yang memiliki potensi alam yang sangat menarik. Desa Catur ini terletak di ketinggian 1250 m di atas permukaan laut. Desa ini memiliki luas 746 Ha tanah yang terbagi menjadi tegalan seluas 630,25 Ha, perkebunan rakyat seluas 320 Ha dan Hutan seluas 60 Ha.

Pengelola LM3 Subak Abian Tri Guna Karya mengatakan bahwa bantuan yang berasal dari LM3 kecil sekali (dapat bantuan dalam bentuk alat pengolahan kopi) akan tetapi merupakan cikal bakal LM3 tersebut sudah Bankable. Sampai saat ini LM3 ini suduh dipercaya untuk meminjam kredit dari Bank sekitar satu milyar rupiah. Dengan dipercayanya LM3 Subak Abian Tri Guna Karya ini, dapat lebih leluasa untuk memasarkan hasil olahannya berupa bubuk kopi Arabica oleh basah dan kopi HS, OC, Kopi Luwak yang sudah bersetifikat IG.

Salah satu peserta LM3 Model dari NTT sangat tertarik dan ingin mengaplikasikan di daerah asalnya, termasuk bagaimana cara membuat kopi luwak, serta system pemasaran kopi Bali. Peserta Studi banding yang lainnya pun sangat antusias dalam mengikuti paparan pengelola LM3 Subak Abian Tri Guna Karya.

Setelah mengikuti studi banding tersebut, dimana sebelumnya telah mengunjugi beberapa lokasi seperti Sila Agrowisata, P4S Somya Pertiwi Dusun Wangaya Betan Penebel Tabanan Bali dan Kelompok Tani Ternak Budi Dharma Kerti, BR Kayuambua, Desa Tiga, Susut Bangli peserta diminta untuk melakukan refleksi serta membuat rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan pada LM3 Model yang dikelolanya, semoga.

About dmulyadi

Nama saya dedi mulyadi dilahirkan di ciamis 29 Agustus 1962. Bekerja di Kementerian Pertanian Jakarta. Tinggal di Ciawi Bogor
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s