LM3 MODEL PONPES KARYA PEMBANGUNAN AL HIDAYAH BERORIENTASI PADA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Hakekat pembangunan Nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dengan azaz perikehidupan dan keseimbangan antara kepentingan keduniawian dan akhirat. Hal ini berarti bahwa pembangunan itu tidak hanya mengejar kemajuan lahiriah saja, melainkan menghendaki keselarasan hubungan antara manusia dengan Tuhannya, antara sesama manusia serta lingkungannya.

Pentingnya pembangunan di bidang mental spiritual ini terutama dalam menghadapi konflik-konflik yang mungkin timbul sebagai akibat dari pada kemajuan di bidang teknologi dan perkembangan di bidang fisik lainnya. Sejarah telah pula memberikan pelajaran kepada kita semua bahwa bangsa akan menjadi rapuh, bahkan bisa punah sama sekali jika mengabaikan pembangunan bidang mental spiritual ini. Hal inilah yang melandasi Pembangunan Pondok Karya Pembangunan Al Hidayah Jambi.

Pondok Karya Pembangunan Al Hidayah Jambi didirikan oleh Gubernur Jambi berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor 226 Tahun 1983 tanggal 14 Juni 1983 sebagai lembaga pendidikan agama guna mempersiapkan kader-kader pembangunan di daerah Jambi, yang berilmu, beramal, bertaqwa, dan terampil.

Sistem dan metode pengajaran serta kurikulum mengacu pada Pondok Pesantren Modern perlu disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu menjawab dan menunjang proses pembangunan serta kepentingan umat Islam. Pondok Pesantren Modern Al Hidayah terletak di tengah-tengah pemukiman masyarakat, lokasi ini sangat strategis, mengingat bahwa Pondok Pesantren ini langsung berhadapan dengan masyarakat yang memang mengharapkan adanya sebuah lembaga pendidikan yang bercirikan khas ke-Islaman yang diharapkan mampu menjadi sebuah pusat pengembangan dan penyiaran agama Islam.

Selaras dengan perkembangan zaman, Pondok Pesantren Modern Al Hidayah mulai tahun 1999 dilengkapi dengan program keterampilan. Dengan demikian
terbentuklah kurikulum ekstra plus dengan tiga cabang keterampilan yaitu : Keterampilan Pertanian Terpadu; Keterampilan Tata Busana; Keterampilan Elektronika; Keterampilan Perbengkelan Motor

Penyelenggaraan pendidikan sangat membutuhkan dana demi kelangsungan hidupnya. Dalam hal ini, Pondok Pesantren Modern Al Hidayah mendapatkan sumber dana untuk keperluan penyelenggaraan dan pengelolaan pondok diperoleh dari iuran wajib santri dan juga saat ini ditambah dengan bantuan dari program kompensasi pengurangan subsidi BBM, yang dikucurkan oleh pemerintah. Selain subsidi dari Pemerintah Provinsi Jambi dalam hal ini Biro Kesejahteraan Provinsi Jambi menjelang menjadi Pesantren Mandiri yang diagendakan pada tahun 2008 yang akan datang sudah menjadi Pondok Pesantren Mandiri.

Dalam rangka memberdayakan sumber daya alam yang terdapat di Pondok Pesantren Karya Pembangunan Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi, maka didirikanlah sebuah lembaga yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat pesantren khususnya, dan masyarakan di sekitar pesantren umumnya yang kemudian disebut Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakat (LM3), yang diberi nama LM3 PKP Al Hidayah.

Beberapa usaha ekonomi yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pendanaan operasioanl pondok, sebagaimana telah dijalankan oleh pondok ini adalah antara lain : Perkebunan karet lama seluas ± 2 hektar yang saat ini sudah sangat perlu diremajakan; Perkebunan karet baru LM3 seluas ± 3,5 hektar yang sudah berusia 4 tahun; Perkebunan kakao sejumlah 2000 (dua ribu) batang, dan saat ini sudah berumur 4 bulan dan pertumbuhannya cukup bagus; Pengembangbiakan ikan patin, nila, lele, bawal dan ikan gurame dengan jumlah keseluruhan ± 23.000 (dua puluh tiga ribu) ekor; Peternakan sapi potong sebanyak 13 (tiga belas) ekor, lengkap dengan 2 (dua) unit bio gas; Peternakan kambing PE sebanyak 11 (sebelas) ekor yang pertumbuhannya saat cukup bagus; Waserda (dua gedung) yang ada saat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk santri putra dan puteri terhadap perjalanan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al Hidayah; Dapur umum yangdiperuntukkan bagi santri yang dikelola oleh pondok; Perbengkelan motor yang dikelola oleh Kopontren PKP Al Hidayah untuk sarana praktik santri akhir; Pengembangbiakan lebah madu yangsaat ini sedang dalam pelaksanaan. PKP Al Hidayah terpilih sebagai salah satu LM3 Terpilih penerima bantuan emberdayaan usaha agribisnis, sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 468/ Kpts/ KU.210/8/2006 tanggal 4 Agustus 2006 tentang Penetapan LM3 Terpilih Penerima Bantuan Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Agribisnis Tahun Anggaran 2006.

Hal ini jelas merupakan suatu kesempatan untuk mengembangkan PKP Al Hidayah sebagai LM-3 Model, untuk pengembangan Agribisnis, khususnya di lingkungan kalangan Pesantren.

Terlebih dengan adanya berbagai fasilitas pendukung yang telah dimiliki oleh PKP Al Hidayah. Potensi lahan yang ada, yakni 7,25 hektar lahan patut diberdayakan sebagai sumber daya yang tak terputus. Lahan akan dialokasikan sebagai lahan perkebunan (5 hektar), pertanian (1 hektar), peternakan (0,5 hektar), dan perikanan (1 hektar). Namun keterbatasan dana menjadi kendala untuk pengoptimalan sumber daya alam yang ada. Kegiatan pengembangan agribisnis ini bertujuan sebagai sumber belajar (model) untuk pengembangan kegiatan agribisnis di pesantren seluruh Indonesia; Tempat pengembangan lembaga-lembaga pesantren erutama yang berbasis agribisnis; Sumber belajar petani; Menjaga elangsungan operasional belajar mengajar di PKP Al Hidayah; Meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan pondok; Mendidik dan membekali santri dan para peserta pelatihan dengan pengetahuan, keterampilan, dan jiwa kewirausahaan yang akan berguna di masyarakat kelak; menanamkan jiwa dan sikap mencintai dunia pertanian dan agribisnis.

LM3 PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya mengembangkan agribisnis guna meningkat sumber pendapatan yang kelak diharapkan dapat menopang kemandirian PKP Al Hidayah dalam aspek pendanaan terdiri dari 5 bagian, yaitu sebagai berikut: Bagian Pertanian dengan areal seluas ± 1 hektar.

Komoditas unggulan yang telah dikembangkan dalam agribisnis pertanian ini terdiri dari a) sayur-sayuran: sawi, kankung darat, bayam, terong; b) kacang-kacangan: kacang panjang dan kacang tanah; c) jagung manis dan komposit; dan d) cabe; Bagian Perkebunan dengan luas areal ± 7,5 hektar dengan rincian: 1 hektar karet lama, 3,5 hektar karet unggul, dan ± 3 hektar tanaman kakao (dua ribu batang);

Bagian Perikanan dengan jumlah kolam 11 unit, namun baru 7 kolam yang terisi disebabkan keterbatasan dana. Adapun rincian populasi ikan: Penanaman benih ikan sebanyak 22.000 (dua puluh dua ribu) benih yang terdiri: Ikan Patin sebanyak 5000 benih; Ikan nila sebanyak 5000 benih Ikan lele sebanyak 3000 benih (mati ± 1000 ekor), tingginya angka kematian ikan lele disebabkan jenis ikan ini kurang cocok dengan struktur kolam.

Adapun usaha yang kami lakukan selanjutnya adalah mengganti penanaman ikan lele dengan benih ikan gurami); Ikan bawal sebanyak 4000 benih; Ikan Gurami sebanyak 5000 benih; Bagian Peternakan sedang melaksanakan penggemukan sapi potong sejumlah 11 ekor, dan pengembangbiakan sapi induk sebanyak 3 ekor dengan kapasitas kandang 20 ekor sapi. Kambing PE sebanyak 11 ekor dengan kapasitas kandang 30 ekor. Areal HMT yang tersedia seluas 0,5 Ha yang berada di sekitar kandang sapi.

Bagian Home Industri dengan 1 unit gedung pengolahan hasil. Komoditas unggulan yang telah dilaksanakan adalah pembuatan telur asin asap, selai nanas goreng, sale nanas goreng, abon patin. Sebagai lembaga pendidikan formal, PKP Al Hidayah memiliki empat jenjang pendidikan yaitu PAUD dan TK (Raudhatul Athfal), Madrasah Ibtidaiyyah, Madrasah Tsanawiyah, (12 ruang) dan Madrasah Aliyah (7 ruang). Gedung penunjang kegiatan antara lain adalah workshop keterampilan tata busana, keterampilan pertanian terpadu, keterampilan reparasi radio dan tv, lerbengkelan motor, serta sanggar kaligrafi. Jumlah Guru, Karyawan dan Pengelola LM3 sebanyak 121 orang. (Buku Directory LM3 Model 2006-2009, BPPSDMP, 2010)

About dmulyadi

Nama saya dedi mulyadi dilahirkan di ciamis 29 Agustus 1962. Bekerja di Kementerian Pertanian Jakarta. Tinggal di Ciawi Bogor
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s